Partisipasi pasif/manipulatif
a) Masyarakat berpartisipasi dengan cara diberitahu apa yang sedang atau telah terjadi
b) Pengumuman sepihak oleh manajemen atau pelaksana proyek tanpa memperhatikan tanggapan masyarakat.
c) Informasi yang dipertukarkan terbatas pada kalangan profesional diluar kelompok sasaran
Partisipasi dengan cara memberikan informasi
a) Masyarakat berpartisipasi dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian seperti dalam kuisioner atau sejenisnya.
b) Masyarakat tidak mempunyai kesempatan untuk terlibat dan mempengaruhi proses penyelesaian.
c) Akurasi hasil penelitian tidak dibahas bersama masyarakat
Partisipasi melalui konsultan
a) Masyarakat berpartisipasi dengan cara berkonsultasi
b) Orang luar mendengarkan dan membangun pandangan-pandangannya sendiri untuk kemudian mendefinisikan permasalahan dan pemecahannya, dengan memodifikasi tanggapan-tanggapan masyarakat.
c) Tidak ada peluang bagi pembuat keputusan bersama
d) Para profesional tidak berkewajiban mengajukan pandangan-pandangan masyarakat (sebagai masukan) untuk ditindaklanjuti.
Partisipasi untuk insentif materil
a) Masyarakat berpartisipasi dengan cara menyediakan sumber daya seperti tenaga kerja, demi mendapatkan makanan, upah, ganti rugi dan sebagainya.
b) Masyarakat tidak dilibatkan dalam eksperimen atau proses pembelajarannya.
c) Masyarakat tidak mempunyai andil untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat insentif yang disediakan/diterima habis.
Partisipasi fungsional
a) Masyarakat berparisipasi dengan membentuk kelompok untuk mencapai tujuan yang berhubungan dengan proyek.
b) Pembentukan kelompok (biasanya) setelah ada keputusan utama yang disepakati.
c) Pada awalnya, kelompok masyarakat ini bergantung pada pihak luar (fasilitator, dll) tetapi pada saatnya mampu mandiri.
Partisipasi interaktif
a) Masyarakat berpartisipasi dalam analisis bersama yang mengarah pada perencanaan kegiatan dan pembentukan lembaga sosial baru atau penguatan kelembagaan yang telah ada.
b) Partisipasi ini cenderung melibatkan metode interdisiplin yang mencari keragaman prespektif dalam proses belajar yang terstruktur dan sistematis.
c) Kelompok-kelompok masyarakat mempunyai peran kontrol atas keputusan-keputusan mereka, sehingga mereka mempunyai andil dalam seluruh penyelenggara negara.
Self-Mobilization
a) Masyarakat berpartisipasi dengan mengambil inisiatif secara bebas (tidak dipengaruhi/ditekan pihak luar) untuk mengubah sistem-sistem atau nilai-nilai yang mereka miliki.
b) Masyarakat mengembangkan kontak dengan lembaga-lembaga lain untuk mendapatkan bantuan-bantuan teknis dan sumber daya yang dibutuhkan.
c) Masyarakat memegang kendali atas pemanfaatan sumber daya yang ada.
Kumpulan informasi tentang Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Mulawarman dan segala aktivitasnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Gunakanlah dengan bijak ya kawan !!! :-)